Kamis, 19 November 2015

animasi dasar orang berjalan

ANIMASI DASAR ORANG BERJALAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

Pada dasarnya animasi frame by frame ini mudah untuk membuatnya, hanya perlu membuat objek yang berbeda-beda pada setiap framenya. Tapi semakin banyak frame yang kita gunakan maka .swf yang kita buat akan berjalan lambat. Berikut hanya sekedar contoh saja, anda dapat membuat yang lebih bagus dari ini.

1. buka aplikasi macromedia flash 8 pada komputer anda atau laptop anda, lalu pilih "Flash Document"  pada sub menu create new.


2. pada kolom layer, buatlah sejumlah layer (saya membuat 3 layer) dengan mengubah nama layer jalan, taman dan orang, sertelah itu klik icon "Gembok" pada setiap-setiap layer agar pada saat mulai melakukan step per lyer tidak ada trouble. 
3. kita mulai saja, untuk yang pertama kiita membuat jalan dengan menggunakan "Ractangle tool" dan kita berinama pada layer tersebut "jalan" dan tidak lupa kita meng klik icon "gembok".



nb : untuk membuat layer satu ke layer lain kita harus klik kanan pada layer pertama yang kita buat lali pilih insert layer untuk membuat layer berikutnya


 4. setelah kita selesai membuat layer jalan, kita membuat sebuah taman yang berisikan kursi panjang dan 1 buah pohon, untuk kursi kita menggunakan "Ractangle tool" dan untuk pohon kita menggunakan "line tool" dan "oval tool" contoh: 


5. kita bisa menambahkan satu buat batu dijalan dengan menggunakan "oval tool"  untuk membuat orang nanti dalam bahasa jawanya kesandung..hahaha


6. setelah selesain, kita lanjutkan dengan membuat orangnya, kita membuat orang yang sederhana dan mudah untuk dibuatnya dengan menggunakan line tool" dan "oval tool" 


7. setelah selesai semua, kita lanjut menjalankan framenya dan untuk taman dan jalan kita langsung jadikan satu frame dan kita buat panjang frame sesuai yang kita inginkan


8. dan ini kita langsung menuju ke orangnya, untuk objek orang kita buat intrfal atau jarak framnya itu 5 frame sampai kita selesaikan objek orang ini sampai ujung akhir, tak lupa kita membuat gerakan orang tersebut seperti orang berjalan dengan cara kita kita "free transfrom toll"  kita bisa mengubahh gaya ndari orang tersebut seperti orang berjalan




9. setelah itu kita lanjut dengan gaya berikutnya, dan tidak lupa saat kita membuat gaya berikutnya kita harus selalu menentukan jarak frame dengan jarak 5 frame sampai selesai dan kita harus selalu mengunci gerakan tiap frame itu dengan cara: klik kanan pada farme yang kita tuju (jarak 5 frame) lalu klik kanan dan kita pilih insert keyframe.


10 kita buat objek orang tersebut tersandung batu dan kita buat orang tersebut terlempar sampai terbalik dan kita kasih kata-kata



DAN SELESAILAH MUDAH DAN SEDERHANA

by :rezqa




2 komentar:


  1. tutorialnya sudah bagus, ada baiknya klo blog ini dikembangkan. kombine dengan kehidupan sehari hari, kuliah, hobby dan jangan lupa lakukan blogwalking, siapa tau suatu saat bloggnya bisa menghasilkan rupiah kayak punya saya :) http://dsukmana.wordpress.com (coba cek dan komentari ya)

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak, sangat membantu

    BalasHapus