Minggu, 06 Maret 2016

E-BUSINESS (Elektronik Bisnis)




Hai guys gimana kabarnya? Hahaha..baik semua kan ?? alhamdulillah kalo sema baik-baik saja. Ok waktu semester 3 saya sering mengupload tugas-tugas aplikasi 3 dimana tugas-tugas tersebut berisi tentang tutorial dari yang pertama corel draw sampai dengan membuat sebuah animasi sederhana dengan macromedia Flash, dan sekarang di semester 4 ini saya akan mengupload tentang teori-teori yang di berikan di semester 4.
Yaaa mata kuliah di semster 4 ini sih kebanyakan teori semua guys, praktiknya cuma mungkin cuma 3 kali dalam semingu..hahaha siap-siap pusing deh. Mata kuliah kali ini tentang teori E-Business, apakah ada yang tau pengertian dari E-Business? Kalo tidak ada ini saya akan memberikan pengertian dari E-Business secara detail,,hehe. E-Business (Electronik Business) adalah kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). Pengantar E-Business ada 3 yaitu Teknoligi Informasi, Peran Teknologi Informasi dan Arsitektur Teknologi Informasi. Dari 3 pengantar tadi dapat dipecah lagi dan akan saya mulai dari yang pertama yaitu :
1.      Teknologi Informasi
·         Mengumpulkan data
·         Memanipulasi/memproses data
·         Mengirimkan (informasi)

2.      Peran Teknologi informasi
·         Tool
·         Enabler
·         Transformer

3.      Arsitektur Teknologi informasi
·         People
·         Proses
·         Technology

Economic Digital (ekonomi Baru)
·         E-bisnis adalah penggunaan teknologi elektronik pada transaksi bisnis.
·         Kolaborasi adalah adanya interaksi, komunikasi informasi antara manusia dan organisasi.
·         Pertukaran informasi adalah penyimpanan, pemproses dan pengiriman informasi.


E-commerce adalah penjualan, pembelian, pemasaran barang atau jasa melalui sistem elektronik suatu jaringan komputer (internet) dengan cara mentransfer uang melalui jalur komunikasi digital. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.
E-commerce pertama kali dikenalkan pada tahun 1994 di banner elektronik dipakai untuk tujuan promosi di halaman website. Dan berkembang hingga saat ini. Banyak sekali yang menggunakan e-commerce dalam berbisnis, karena dapat meminimalisir biaya dalam berbisnis. Yang dibutuhkan hanyalah membuat domain yang jauh lebih murah daripada kita membuat toko di pinggir jalan. Bahkan ada sebuah website yang menyediakan tempat untuk menjual dagangan kita secara gratis, seperti e-bay contohnya. Selain itu jangkauan kita dalam berbisnis melalui internet sangatlah luas. Melihat banyaknya pengguna internet di dunia. Tak heran online shop sangat banyak bermunculan akhir-akhir ini. Dengan kenyataan yang seperti itu, persaingan menjadi semakin lebih ketat. Perlu adanya evaluasi agar tetap bertahan ditengah-tengah persaingan yang ketat. Cara mengevaluasinya sebagai berikut :
1.Peningkatan kualitas produk yang kita jual
2.Penggunaan teknologi informasi yang efektif
3.Kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama agar pelanggan yang akan membeli percaya terhadap online shop kita
4.Pemantauan perusahaan lain yang menjual produk yang sama
5.Membuat inovasi terbaru
Pengenalan elektronik bisnis (E-bisnis) yaitu e-business mengacu pada semua penggunaan kemajuan teknologi Informasi (TI), khusunya teknology jaringan dan komunikasi, untuk memperbaiki cara-cara sebuah organisasi dalam melakukan seluruh proses-proses bisnis. Didalam e-bisnis sendiri terdapat interaksi eksternal organisasi yang meliputi :
1.    Suppliers     : penyedia produk-produk dalam berbisnis.
2.    Customers : seseorang yang menggunakan produk atau menerima produk atau
  jasa dari individu atau organisasi.
3.    Investor      : seseorang yang melakukan investasi.
4.    Creditors    : pihak yang memberikan kredit atau pinjaman.
5.    Dll

E-BUSINESS APLICATION
•      ERP (Enterprise Resource Planning)
sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya,informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap.
•      CRM (Customer Relationship management)
sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan.
•      SCM (Supply Chain Management )
singkronisasi dan koordinasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan aliran material/produk, baik yang ada dalam satu organisasi maupun antar organisasi.

Mungkin ini dulu yang saya sampaikan mungkin lain kali saya akan melanjutkan dari E-Business. Terimakasih sudah membuka dan membaca isi dari blog saya jika ada salah kata saya sebagai penulis blog minta maaf

0 komentar:

Posting Komentar