Hai
guys gimana kabarnya? Hahaha..baik semua kan ?? alhamdulillah kalo sema
baik-baik saja. Ok waktu semester 3 saya sering mengupload tugas-tugas
aplikasi 3 dimana tugas-tugas tersebut berisi tentang tutorial dari yang
pertama corel draw sampai dengan membuat sebuah animasi sederhana
dengan macromedia Flash, dan sekarang di semester 4 ini saya akan
mengupload tentang teori-teori yang di berikan di semester 4.
Yaaa
mata kuliah di semster 4 ini sih kebanyakan teori semua guys, praktiknya
cuma mungkin cuma 3 kali dalam semingu..hahaha siap-siap pusing deh.
Mata kuliah kali ini tentang teori E-Business, apakah ada yang tau
pengertian dari E-Business? Kalo tidak ada ini saya akan memberikan
pengertian dari E-Business secara detail,,hehe. E-Business (Electronik
Business) adalah kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi
pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan
dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
Pengantar E-Business ada 3 yaitu Teknoligi Informasi, Peran Teknologi
Informasi dan Arsitektur Teknologi Informasi. Dari 3 pengantar tadi
dapat dipecah lagi dan akan saya mulai dari yang pertama yaitu :
1. Teknologi Informasi
· Mengumpulkan data
· Memanipulasi/memproses data
· Mengirimkan (informasi)
2. Peran Teknologi informasi
· Tool
· Enabler
· Transformer
3. Arsitektur Teknologi informasi
· People
· Proses
· Technology
Economic Digital (ekonomi Baru)
· E-bisnis adalah penggunaan teknologi elektronik pada transaksi bisnis.
· Kolaborasi adalah adanya interaksi, komunikasi informasi antara manusia dan organisasi.
· Pertukaran informasi adalah penyimpanan, pemproses dan pengiriman informasi.
E-commerce
adalah penjualan, pembelian, pemasaran barang atau jasa melalui sistem
elektronik suatu jaringan komputer (internet) dengan cara mentransfer
uang melalui jalur komunikasi digital. E-commerce dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas,
tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian
mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain
teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata
atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk
teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.
E-commerce pertama
kali dikenalkan pada tahun 1994 di banner elektronik dipakai untuk
tujuan promosi di halaman website. Dan berkembang hingga saat ini.
Banyak sekali yang menggunakan e-commerce dalam berbisnis, karena dapat
meminimalisir biaya dalam berbisnis. Yang dibutuhkan hanyalah membuat
domain yang jauh lebih murah daripada kita membuat toko di pinggir
jalan. Bahkan ada sebuah website yang menyediakan tempat untuk menjual
dagangan kita secara gratis, seperti e-bay contohnya. Selain itu
jangkauan kita dalam berbisnis melalui internet sangatlah luas. Melihat
banyaknya pengguna internet di dunia. Tak heran online shop sangat
banyak bermunculan akhir-akhir ini. Dengan kenyataan yang seperti itu,
persaingan menjadi semakin lebih ketat. Perlu adanya evaluasi agar tetap
bertahan ditengah-tengah persaingan yang ketat. Cara mengevaluasinya
sebagai berikut :
1.Peningkatan kualitas produk yang kita jual
2.Penggunaan teknologi informasi yang efektif
3.Kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama agar pelanggan yang akan membeli percaya terhadap online shop kita
4.Pemantauan perusahaan lain yang menjual produk yang sama
5.Membuat inovasi terbaru
Pengenalan
elektronik bisnis (E-bisnis) yaitu e-business mengacu pada semua
penggunaan kemajuan teknologi Informasi (TI), khusunya teknology
jaringan dan komunikasi, untuk memperbaiki cara-cara sebuah organisasi
dalam melakukan seluruh proses-proses bisnis. Didalam e-bisnis sendiri
terdapat interaksi eksternal organisasi yang meliputi :
1. Suppliers : penyedia produk-produk dalam berbisnis.
2. Customers : seseorang yang menggunakan produk atau menerima produk atau
jasa dari individu atau organisasi.
3. Investor : seseorang yang melakukan investasi.
4. Creditors : pihak yang memberikan kredit atau pinjaman.
5. Dll
E-BUSINESS APLICATION
• ERP (Enterprise Resource Planning)
sebuah
sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan
semua sumber daya,informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses
bisnis lengkap.
• CRM (Customer Relationship management)
sebuah
pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada
level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui
pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan.
• SCM (Supply Chain Management )
singkronisasi
dan koordinasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan aliran
material/produk, baik yang ada dalam satu organisasi maupun antar
organisasi.
Mungkin ini dulu yang saya sampaikan mungkin lain
kali saya akan melanjutkan dari E-Business. Terimakasih sudah membuka
dan membaca isi dari blog saya jika ada salah kata saya sebagai penulis
blog minta maaf
Minggu, 06 Maret 2016
Home »
matakuliah
» E-BUSINESS (Elektronik Bisnis)
0 komentar:
Posting Komentar